Riyani, Kavita and , Drs. Sami'an, M.M (2014) Prestasi Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar Dan Kedisiplinan Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Tawangsari Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HAlaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (232kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tawangsari Tahun Ajaran 2012/2013. 2) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tawangsari TahunAjaran 2012/2013. 3) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tawangsari Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitianini adalahseluruh siswakelas XI SMA Negeri I Tawangsari tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 92 siswa dengan teknik proportional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 24,810 + 0,557X1 + 0,813X2, Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh minat belajar dan kedisiplinan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Tawangsari Tahun Ajaran 2012/2013 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, 3,221 >2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002dengan sumbangan relatif sebesar 37,2% dan sumbangan efektif 18,04%.2) Kedisiplinan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Tawangsari Tahun Ajaran 2012/2013 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 4,903 >2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 62,8%dan sumbangan efektif 30,46%. 3) Minat belajar dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Tawangsari Tahun Ajaran 2012/2013 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 41,907 >3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000.Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,485 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh minat belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi adalah sebesar 48,5%, sedangkan sisanya sebanyak 51,5% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Kedisiplinan Belajar, dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Apr 2014 09:49 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28483 |
Actions (login required)
View Item |