Riyanto, Guruh Slamet and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si (2014) Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 Mahasiswa FKIP UMS Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
a.halaman_depan.pdf Download (445kB) |
|
|
PDF (Bab I)
b.BAB_I.pdf Download (167kB) |
|
PDF (Bab II)
c.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
PDF (Bab III)
d.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
||
PDF (Bab IV)
e.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
PDF (Bab V)
f.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
g.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
|
PDF (Lampiran)
h.lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
j.naskah_publikasi.pdf Download (199kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh Lingkungan belajar terhadap Prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 mahasiswa FKIP program studi pendidikan akuntansi tahun 2011; 2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 mahasiswa FKIP program studi pendidikan akuntansi tahun 2011; 3) Pengaruh lingkungan belajar dan Motivasi belajar terhadap Prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 mahasiswa FKIP program studi pendidikan akuntansi tahun 2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 190 mahasiswa FKIP program studi Pendidikan Akuntansi tahun 2011. Sampel diambil sebanyak 123 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F (uji signifikansi secara simultan), uji t (uji signifikansi secara parsial), dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi : Y = 22,490+ 0,395X1 + 0,667X2, Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan motivasi belajar. Kesimpulan yang diambil adalah : 1) Lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 mahasiswa FKIP program studi pendidikan akuntansi tahun 2011. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,868> 1,980 dan nilai probabilitas < 0,05, yaitu 0,005 dengan sumbangan efektif 9,5%; 2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 mahasiswa FKIP program studi pendidikan akuntansi tahun 2011. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,916 > 1,980 dan nilai probabilitas < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif 14,8%; 3) lingkungan belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 mahasiswa FKIP program studi pendidikan akuntansi tahun 2011. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui Fhitung > Ftabel, yaitu 19,293 > 3,0 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Berdasarkan analisis regresi linear ganda diperoleh persamaan Y = 22,490+ 0,395X1 + 0,667X2; 5)Variabel lingkungan belajar memberikan sumbangan efektif 9, 5%. Variabel motivasi belaja rmemberikan sumbangan efektif 14,8%. sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 24,3%, sedangkan 75,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan belajar dan motivasi belajar dan prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 28 Mar 2014 07:03 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28461 |
Actions (login required)
View Item |