Kurniasih, Pameyla Muliahati and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si. (2014) Konstruksi Pendidikan Kebhinneka Tunggal Ikaan (Analisis Isi pada Film “Brandal-Brandal Ciliwung” sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (507kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (145kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Konstruksi Pendidikan Kebhinneka Tunggal Ikaan pada Film Brandal-Brandal Ciliwung. Latar belakang penelitian yaitu pendidikan kebhinneka tunggal ikaan dapat diperoleh melalui media seperti film, karena dalam film mengandung berbagai pesan moral yang dapat diambil nilai positifnya dan diterapkan dalam kehidupan nyata. Kebhinneka tunggal ika sangat dibutuhkan oleh setiap individu untuk dapat membina toleransi persatuan dan kesatuan bangsa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah analisis isi deskriptif. Melalui adegan-adegan, kata, serta peran dalam film Brandal-Brandal Ciliwung yang terdapat pendidikan kebhinneka tunggal ikaan akan dijabarkan menggunakan analisis isi deskriptif cerita pada film Brandal-Brandal Ciliwung. Hasil penelitian ini adalah pendidikan kebinneka tunggal ikaan pada film Brandal-Brandal Ciliwung sebagai media pembelajaran dan analisis isi. Fenomena di atas menegaskan bahwa film efektif untuk pengembangan pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Film Brandal-Brandal Ciliwung memberi pesan mengenai persahabatan lima anak yang memiliki banyak perbedaan dari beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan walapun mereka berbeda, tetapi mereka selalu bersama dan menamakan diri sebagai pasukan ciliwung. Realitas kehidupan masyarakat sekararang ini sehingga penonton dapat dengan mudah menangkap dan memberi pesan yang terdapat dalam film. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga indikator yang menunjukan pendidikan kebhinneka tunggal ikaan meliputi menghargai perbedaan keragaman budaya, menghormati perbedaan agama, mengajarkan nilai-nilai luhur kemanusiaan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kebhinneka Tunggal Ikaan, Analisis Isi, Film, dan Media Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Mar 2014 09:10 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 01:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28453 |
Actions (login required)
View Item |