Konstruksi Pendidikan Kebhinneka Tunggal Ikaan (Analisis Isi pada Film “Brandal-Brandal Ciliwung” sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)

Kurniasih, Pameyla Muliahati and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si. (2014) Konstruksi Pendidikan Kebhinneka Tunggal Ikaan (Analisis Isi pada Film “Brandal-Brandal Ciliwung” sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (507kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (145kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Konstruksi Pendidikan Kebhinneka Tunggal Ikaan pada Film Brandal-Brandal Ciliwung. Latar belakang penelitian yaitu pendidikan kebhinneka tunggal ikaan dapat diperoleh melalui media seperti film, karena dalam film mengandung berbagai pesan moral yang dapat diambil nilai positifnya dan diterapkan dalam kehidupan nyata. Kebhinneka tunggal ika sangat dibutuhkan oleh setiap individu untuk dapat membina toleransi persatuan dan kesatuan bangsa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah analisis isi deskriptif. Melalui adegan-adegan, kata, serta peran dalam film Brandal-Brandal Ciliwung yang terdapat pendidikan kebhinneka tunggal ikaan akan dijabarkan menggunakan analisis isi deskriptif cerita pada film Brandal-Brandal Ciliwung. Hasil penelitian ini adalah pendidikan kebinneka tunggal ikaan pada film Brandal-Brandal Ciliwung sebagai media pembelajaran dan analisis isi. Fenomena di atas menegaskan bahwa film efektif untuk pengembangan pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Film Brandal-Brandal Ciliwung memberi pesan mengenai persahabatan lima anak yang memiliki banyak perbedaan dari beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan walapun mereka berbeda, tetapi mereka selalu bersama dan menamakan diri sebagai pasukan ciliwung. Realitas kehidupan masyarakat sekararang ini sehingga penonton dapat dengan mudah menangkap dan memberi pesan yang terdapat dalam film. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga indikator yang menunjukan pendidikan kebhinneka tunggal ikaan meliputi menghargai perbedaan keragaman budaya, menghormati perbedaan agama, mengajarkan nilai-nilai luhur kemanusiaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kebhinneka Tunggal Ikaan, Analisis Isi, Film, dan Media Pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2014 09:10
Last Modified: 18 Oct 2021 01:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28453

Actions (login required)

View Item View Item