MUSTIKASARI, DEBBY ROSALINA and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENYIMAK PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS VI SD NEGERI TOTOSARI NOMOR 102 SURAKARTA TAHUN AJARAN2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (146kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (200kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (696kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penelitian meningkatkan ketrampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI SD dengan menggunakan strategi cooperative script. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah guru dan siswa kelas VI SD Totosari Nomor 102 Surakarta dengan siswa yang berjumlah 29 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun instrumen dalam pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar wawancara, dan RPP. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan strategi pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan ketrampilan menyimak pada setiap siklus. Sebelum tindakan (pra siklus) jumlah siswa yang dapat mencapai KKM hanya 45% dan yang memiliki ketrampilan menyimak sebanyak 57% dan pada siklus I ketrampilan menyimak meningkat menjadi 63% kemudian pada tindakan terakhir siklus II mencapai 76% kesimpulan bahwa penerapan strategi cooperative script dapat meningkatkan ketrampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI SD Negeri Totosari Nomor 102 Surakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ketrampilan, Menyimak, Strategi, Cooperative script |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 25 Mar 2014 12:24 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28434 |
Actions (login required)
View Item |