KURNIAWATI, NOVITA and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) PERBANDINGAN PENGGUNAAN STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DENGAN EVERYONE IS TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IIIA DAN IIIB SD AL FIRDAUS TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (592kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (47kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (469kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran IPS antara penerapan strategi Inquiring Minds Want To Know dan strategi Everyone Is Teacher Here pada siswa kelas IIIA dan IIIB SD Al Firdaus Tahun 2013/2014. 2) Untuk membandingkan manakah strategi yang lebih baik antara strategi Inquiring Minds Want To Know dan strategi Everyone Is Teacher Here terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas IIIA dan IIIB SD Al Firdaus Tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Al Firdaus Surakarta tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 3 kelas yang berjumlah 90 siswa. Sampel diambil 60 siswa dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan pada tingkat kesalahan 5% hipotesis penelitian yang menyebutkan “Terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara penerapan strategi Inquiring Minds Want To Know dan strategi Everyone Is Teacher Here pada siswa kelas IIIA dan IIIB SD Al Firdaus Surakarta tahun 2013/2014” tidak diterima. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung ˂ t tabel, yaitu -1,005 ˂ 2,000. Hasil belajar IPS yang diajar menggunakan strategi Inquiring Minds Want To Know dan Everyone Is Teacher Here pada siswa kelas IIIA dan IIIB SD Al Firdaus Surakarta tahun pelajaran 2013/2014 sama baiknya, yaitu dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen 86,64 dan kelompok kontrol 89,04.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Inquiring Minds Want To Know, Strategi Everyone Is Teacher Here, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 25 Mar 2014 11:52 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28432 |
Actions (login required)
View Item |