Ngatiningsih, Ngatiningsih and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. (2014) Meningkatkan Kerjasama Anak Melalui Pemainan Tradisional Gobak Sodor Di Kelompok B TK Pertiwi 3 Kalimati, Juwangi, Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (207kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (115kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (672kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kerjasama anak melalui permainan tradisional gobak sodor pada kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi 3 Kalimati, Juwangi, Boyolali yang berjumlah 17 anak dan guru kelompok B. Pelaksanaan tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai guru berkolaborasi dengan guru kelompok B. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data merupakan teknik yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian untuk membuktikan hipotesis yang telah dirumuskan. Data yang dihasilkan merupakan data berbagai sumber data yang dikumpulkan baik melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi maupun teknik lain. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, siklus pertama dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan dan siklus dua dilaksanakan dengan dua pertemuan. Satu siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan umum dalam penelitia ini yaitu untuk meningkatkan kerjasama anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi 3 Kalimati. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa kerjasama anak sebelum tindakan sampai dengan siklus ke II menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan 50% anak belum bisa bekerjasama, siklus I sebesar 69% anak sudah mulai bekerjasama, siklus II mencapai 78% anak sudah mampu bekerjasama dengan teman. Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh peneliti peningkatan kerjasama dipengaruhi oleh motivasi dan reward. Melalui kegiatan permainan tradisional gobak sodor anak dapat bekerjasama dengan temannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan tradisional gobak sodor, kerjasama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 22 Mar 2014 11:15 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 07:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28398 |
Actions (login required)
View Item |