Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Team Accelerated Instruction (TAI) Pada Siswa Kelas V SDN Guyangan Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Minarno, Minarno and , Drs. Saring Marsudi, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Team Accelerated Instruction (TAI) Pada Siswa Kelas V SDN Guyangan Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HAlaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika melalui strategi Team Accelerated Instruction (TAI). Penelitian yang digunakan ini adalah PTK. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes evaluasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V dan guru SDN Guyangan pada tanggal 04 Oktober-Desember 2013. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua pertemuan dan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subjeknya siswa kelas V SDN Guyangan yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 17 siswa putra dan 11 siswa putri dengan objek penelitiannya adalah motivasi belajar siswaserta strategi TAI. Indikator motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika adalah sebagai berikut: (1) adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil; (2) adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar; (3) adanya harapan dan cita-cita masa depan; (4) adanya penghargaan dalam belajar; dan (5) adanya kegiatan menarik dalam belajar. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa kelas V SDN Guyangan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi TAI. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui motivasi belajar siswa rendah dengan presentase 48,2%. Pada siklus I terdapat siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase motivasi belajar siswa 67%. Pada siklus II motivasi belajar siswa sangat baik dengan presentase 88%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dengan penerapan strategi TAI.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan; motivasi belajar Matematika; strategi Team Accelerated Instruction
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Mar 2014 12:19
Last Modified: 21 Oct 2021 00:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28377

Actions (login required)

View Item View Item