Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Pada Siswa Kelas IV SDN Karangrejo 01 Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Astuti, Sri Puji and , Drs. Suwarno, M.Pd (2014) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Pada Siswa Kelas IV SDN Karangrejo 01 Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Everyone is A Teacher Here. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 pada tanggal 01 Oktober 2013. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan satu kali pertemuan dan siklus kedua juga dilakukan satu kali pertemuan. Subyeknya Siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 yang berjumlah 32 siswa dan obyeknya adalah aktivitas dan hasil belajar serta model pembelajaran everyone is a teacher here.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan bahan ajar. Indikator aktivitas belajar siswa adalah sebagai berikut:(1) antusiasme siswa dalam kegiatan pembelajaran; (2) interaksi siswa dengan guru; (3) kerjasama kelompok; (4) aktivitas belajar siswa dalam diskusi kelompok; dan (5) aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran everyone is a teacher here. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui aktivitas belajar siswa dengan presentase 37% dan yang memenuhi KKM atau hasil belajar mencapai 31%. Pada siklus I terdapat aktivitas dan hasil belajar sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase aktivitas belajar siswa 57,6% dan yang memenuhi KKM mencapai 41% dan pada siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa sangat baik dengan presentase 84% yang memenuhi KKM mencapai 97%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, aktivitas, hasil belajar IPS, model pembelajaran everyone is a teacher here
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Mar 2014 07:58
Last Modified: 21 Oct 2021 00:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28366

Actions (login required)

View Item View Item