Ardiansa, Febrian and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Partisipasi Belajar Ipa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas V SDN 3 Tanjungrejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
00_HALAMAN_AWAL.pdf Download (421kB) |
|
|
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (227kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Tanjungrejo pada mata pelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yaitu suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelasnya. Subyek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas V SDN 3 Tanjungrejo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian untuk masing-masing indikator partisipasi belajar dapat dijabarkan sebagai berikut: A) Aktif mengerjakan soal pada kondisi awal sebesar 41,30%, siklus I pertemuan pertama sebesar 53,26%, pertemuan kedua sebesar 69,56%. Pada siklus II pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 76,08% dan pada pertemuan kedua mengalami peningkatan menjadi 80,43%. B) Aktif menjawab pertanyaan pada kondisi awal sebesar 42,39% siklus I pertemuan pertama sebesar 57,61%, pertemuan kedua sebesar 70,65% Pada siklus II pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 75,00%, dan pada pertemuan kedua mengalami peningkatan menjadi 83,69%.. C) Aktif memberi tanggapan dan mengajukan ide pada kondisi awal sebesar 34.78%, siklus I pertemuan pertama sebesar 57,61%, pertemuan kedua sebesar 64,13%. Pada siklus II pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 68,48%, dan pada pertemuan kedua mengalami peningkatan menjadi 77,17%. D)Aktif membuat kesimpulan materi pada kondisi awal sebesar 32.60%, siklus pertama pertemuan pertama sebesar 46,73%, pertemuan kedua sebesar 60,87%. Pada siklus kedua pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 66,30%, dan pada pertemuan kedua mengalami peningkatan menjadi 78,26%. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada kondisi awal siswa yang tuntas KKM hanya 11 siswa atau 47,82%, pada siklus I yang tuntas KKM meningkat menjadi 16 siswa atau 69,56%, kemudian pada siklus II siswa yang tuntas KKM meningkat menjadi 20 siswa atau 86,95%. Hasil tersebut telah mencapai indikator pencapaian yaitu sebesar 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan partisipasi serta hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 3 Tanjungrejo tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Partisipasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Mar 2014 06:47 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28362 |
Actions (login required)
View Item |