Fatmawati, Diana and , Drs. Muhammad Yahya, M.Si (2014) Pengembangan Kemampuan Komunikasi Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Buku Cerita Bergambar Pada Kelompok A Di TK Pertiwi Janti, Polanharjo, Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (410kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (304kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi anak, terutama pada kemampuan dalam menyampaikan ide secara lisan, mengajukan dan menjawab pertanyaan secara sederhana. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas, dimana subjek penelitiannya adalah anak didik kelompok A di TK Pertiwi Janti, Polanharjo, Klaten Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 13 anak didik. Metode yang digunakan adalah bercerita dengan buku cerita bergambar. Dan terbukti dapat mengembangkan kemampuan komunikasi anak. Pengembangan kemampuan komunikasi anak melalui metode bercerita dengan buku cerita bergambar didukung indikator yaitu mengungkapkan ide atau gagasan, menjawab pertanyaan sederhana, mengajukan pertanyaan, mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana, memiliki rasa percaya diri. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa ada perkembangan kemampuan komunikasi anak melalui cerita dengan buku cerita bergambar, peningkatan dari Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II yaitu: Pra Siklus 31,97%, pada Siklus I sebesar 63,22%, dan pada akhir Siklus II mencapai 84,13%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bercerita dengan buku cerita bergambar dapat mengembangkan kemampuan komunikasi anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Bercerita, Buku Cerita Bergambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 19 Mar 2014 11:12 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 16:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28352 |
Actions (login required)
View Item |