Rahayu, Etik and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2014) Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Gelas Cantik Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Paseban I Bayat Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf Download (366kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (360kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (898kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemempuan berhitung permulaan pada anak kelompok A TK Aiyiyah Bustanul Athfal Paseban I Bayat. Penelitian ini dilakukan melalui permainan gelas cantik hal ini dikarenakan kempuan berhitung permulaan anak masih rendah yang terbukti dalam satu kelas sebagian besar anak belum bisa menguasai berhitung terutama dalam hal mengurutan lambang bilangan dan membilang. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK Aiyiyah Bustanul Athfal Paseban I Bayat Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 anak didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang diseratai pengujian hipotesis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik yang digunakan adalah persentase keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan berhitung permulaan pra siklus 32,27 %, Siklus I 62,77 % dan siklus II 85,55 % dari hasil penelitian berupa persentase tersebut peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa melalui permainan gelas cantik dapat mengembangkan kemampuana berhitung permulaan pada anak kelompok A TK Aiyiyah Bustanul Athfal Paseban I Bayat Tahun Ajaran 2013/2014
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan gelas cantik, kemampuan berhitung permulaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 19 Mar 2014 10:36 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 16:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28349 |
Actions (login required)
View Item |