Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Gelas Cantik Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Paseban I Bayat Tahun Ajaran 2013 / 2014

Rahayu, Etik and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2014) Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Gelas Cantik Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Paseban I Bayat Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (366kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (360kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemempuan berhitung permulaan pada anak kelompok A TK Aiyiyah Bustanul Athfal Paseban I Bayat. Penelitian ini dilakukan melalui permainan gelas cantik hal ini dikarenakan kempuan berhitung permulaan anak masih rendah yang terbukti dalam satu kelas sebagian besar anak belum bisa menguasai berhitung terutama dalam hal mengurutan lambang bilangan dan membilang. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK Aiyiyah Bustanul Athfal Paseban I Bayat Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 anak didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang diseratai pengujian hipotesis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik yang digunakan adalah persentase keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan berhitung permulaan pra siklus 32,27 %, Siklus I 62,77 % dan siklus II 85,55 % dari hasil penelitian berupa persentase tersebut peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa melalui permainan gelas cantik dapat mengembangkan kemampuana berhitung permulaan pada anak kelompok A TK Aiyiyah Bustanul Athfal Paseban I Bayat Tahun Ajaran 2013/2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan gelas cantik, kemampuan berhitung permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2014 10:36
Last Modified: 19 Oct 2021 16:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28349

Actions (login required)

View Item View Item