Restutiningsih, Eny and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2014) Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Lisan Melalui Metode Bercerita Dengan Wayang Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi I Towangsan Gantiwarno Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (487kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (181kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (435kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa lisan anak melalui metode bercerita dengan wayang pada anak kelompok B TK Pertiwi I Towangsan Gantiwarno Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Penyebab kemampuan bahasa lisan belum berkembang dengan baik karena anak masih tidak mau menjawab pertanyaan yang diajukan guru dan masih malu-malu menjadikan kemampuan bahasa lisan anak masih rendah Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di TK Pertiwi I Towangsan dengan subjek penelitian anak kelompok B yang berjumlah 13 anak. Data mengenai kemampuan bahasa lisan anak diperoleh melalui pedoman observasi perkembangan kemampuan bahasa lisan anak yang kemudian ditabulasikan dan dicatat dalam lembar tabulasi skor perkembangan kemampuan bahasa lisan, sedangkan data penerapan metode bercerita diperoleh melalui lembar hasil observasi penerapan metode bercerita dan catatan lapangan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data komparatif yaitu dengan membandingkan hasil pencapaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Dari analisis data menunjukkan bahwa pada Prasiklus kemampuan bahasa lisan rata-rata anak dalam 1 kelas sebesar 46.66%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan melalui siklus I diperoleh rata-rata kemampuan anak berkembang menjadi 72.36% dan setelah tindakan perbaikan siklus II kemampuan rata-rata anak berkembang menjadi sebesar 93.75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan wayang mampu mengembangkan kemampuan bahasa lisan pada anak kelompok B TK Pertiwi I Towangsan Gantiwarno Klaten Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Bahasa Lisan, Metode Bercerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 19 Mar 2014 09:15 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 16:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28344 |
Actions (login required)
View Item |