Penggunaan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Bahasa Krama Alus Pada Siswa Kelas V SDN Wonomulyo Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014

Pratama, Ardiya and , Drs.Saring Marsudi, S.H., M.Pd (2013) Penggunaan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Bahasa Krama Alus Pada Siswa Kelas V SDN Wonomulyo Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan basa krama alus pada siswa kelas V SDN Wonomulyo tahun ajaran 2013/2014 menggunakan media boneka tangan. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SDN Wonomulyo yang berjumlah 15 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti yang bertindak sebagai guru. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: wawancara, observasi, tes khususnya tes unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber yaitu lembar observasi dan tes unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan berbicara. Keterampilan berbicara diukur dengan 5 indikator yaitu ketepatan, ketepatan sasaran, ucapan, nada dan pilihan kata. Ketepatan pada pra siklus mempunyai rata-rata nilai 70 dan pada siklus II sebesar 80. Ketepatan sasaran pada prasiklus mempunyai nilai rata-rata 72, dan pada siklus II sebesar 76. Ucapan prasiklus rata-rata nilai sebesar 77 , dan pada siklus II sebesar 88. Nada pada prasiklus rata-rata nilai 68, dan pada siklus II sebesar 90. Pilihan kata pada prasiklus rata-rata nilai 65, dan pada siklus II sebesar 76. Hasil nilai keterampilan berbicara juga meningkat pada prasiklus sebesar 68 menjadi 77 pada siklus I dan 83 pada siklus II, dengan prosentase ketuntasan klasikal juga meningkat pada prasiklus sebesar 40%, siklus I 60% lalu pada siklus II sebesar 87%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara dengan basa krama alus pada siswa kelas V SDN Wonomulyo Wonogiri tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara, boneka tangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2014 11:24
Last Modified: 04 Nov 2021 11:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28310

Actions (login required)

View Item View Item