Wibowo, Rian Puteri Sayekti and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si. (2014) Muatan Dan Pelaksanaan Pendidikan Karakter Saling Menghargai (Analisis Isi pada Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 serta Pelaksanaannya di SMP Negeri 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
|
PDF (daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (118kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (535kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan muatan materi pendidikan karakter saling menghargai dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013 serta pelaksanaannya dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan sumber data buku PPKn kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013, kepala sekolah, guru PPKn, guru agama, dan siswa kelas VII. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen/simak. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif, untuk merangkai data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013 yang digunakan di SMP Negeri 1 Surakarta memuat pendidikan karakter saling menghargai. Muatan pendidikan karakter saling menghargai dalam buku tersebut disajikan dalam bentuk ilustrasi gambar, kalimat, dan soal. Muatan pendidikan karakter saling menghargai yang terkandung dalam buku tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang memuat Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) karena penyusunannya langsung dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Nilai-nilai karakter saling menghargai yang termuat dalam buku PPKn kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013 adalah menerima perbedaan pendapat, memaklumi kekurangan orang lain, mengakui kelebihan orang lain, dapat bekerja sama, dan membantu orang lain; 2) Pelaksanaan pendidikan karakter saling menghargai di SMP Negeri 1 Surakarta dilaksanakan bersamaan dengan proses pembelajaran PPKn oleh guru PPKn, selain itu juga dilaksanakan di luar kelas dalam lingkungan sekolah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Isi, Pelaksanaan Pendidikan Karakter Saling Menghargai, dan PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Mar 2014 09:10 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 13:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28302 |
Actions (login required)
View Item |