Ratnasari, Marlinda and , Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Partisipasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Pada Siswa Kelas III SD Negeri Kliwonan 3 Masaran Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Kliwonan 3 Kabupaten Sragen dengan penerapan strategi everyone is a teacher here. Subjek penelitiannya adalah peneliti yang bertindak guru dan siswa kelas III yang berjumlah 14 siswa. Obyek penelitian adalah partisipasi belajar dan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari pra siklus, siklus I sampai dengan siklus II melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan partisipasi belajar sebagai berikut : sebelum tindakan kelas (prasiklus) siswa yang memiliki partisipasi bertanya sebesar 35,71% meningkat pada siklus I 57% dan pada siklus II 85,67%, partisipasi menjawab sebesar 28,57% meningkat pada siklus I 50% dan pada siklus II 85,67%, mengerjakan soal di depan kelas sebesar 28,57% meningkat pada Siklus I 43% dan pada siklus II 75%, memberi tanggapan terhadap pendapat orang lain sebesar 21,43% meningkat pada siklus I 36% dan pada siklus II 71,43%, menyimpulkan materi pelajaran di akhir pertemuan sebesar 35,71% meningkat pada siklus I 57% dan pada siklus II 89,29%. Nilai hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yakni sebelum dilakukan tindakan (pra siklus) nilai hasil belajar siswa yang tuntas belajar hanya 35,71% kemudian mengalami peningkatan dengan diadakannya tindakan yaitu pada siklus I 61,07 siklus II sebesar 77,5. Berdasarkan data hasil penelitian tindak kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi everyone is a teacher here dapat meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar mata pelajaran matematika pada siswa kelas III SD Negeri Kliwonan 3 Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, everyone is a teacher here, partisipasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 18 Mar 2014 08:24 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 03:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28296 |
Actions (login required)
View Item |