Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Penerapan Multimedia Interaktif Dengan Mengoptimalkan Media Microsoft Powerpoint Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Tawangmangu Tahun Pelajaran 2013/2014

R. N Yunita, Chita and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Penerapan Multimedia Interaktif Dengan Mengoptimalkan Media Microsoft Powerpoint Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Tawangmangu Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (833kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan multimedia interaktif dengan mengoptimalkan media microsoft powerpoint pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Tawangmangu Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan bentuk PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas IV SD Negeri 01 Tawangmangu yang berjumlah 28 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif yang memiliki tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar IPA setelah diadakan tindakan kelas melalui penerapan multimedia interaktif dengan mengoptimalkan media microsoft powerpoint. Indikator ketercapaian meningkat sekurang-kurangnya 80% dari 28 siswa. Untuk indikator tekun dalam menghadapi tugas pemberian guru sebesar 85,71%, ulet dan tidak putus asa sebesar 82,14%, sikap berkeinginan mendalami pelajaran IPA sebesar 89,29%, berusaha berprestasi sebaik mungkin sebesar 82,14%, senang dan rajin belajar dengan penuh semangat sebesar 89,28%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan multimedia interaktif dengan mengoptimalkan media microsoft powerpoint dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Tawangmangu tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, belajar, media, microsoft powerpoint, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2014 07:08
Last Modified: 19 Oct 2021 05:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28283

Actions (login required)

View Item View Item