Penerapan Strategi Pembelajaran Lsq (Learning Starts With A Questions) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Di SD N Giriroto 1 Tahun Ajaran 2013/2014

Eksanto, Mohamad (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Lsq (Learning Starts With A Questions) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Di SD N Giriroto 1 Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Awal.pdf

Download (421kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA siswwa melalui penerapan srategi pembelajaran LSQ (Learning Start With A Question) pada siswa kelas IV SD Negeri Giriroto 1 tahun 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan guru kelas IV SD Negeri Giriroto 1, Objeknya adalah siswa kelas IV SD Negeri Giriroto 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tahap pengumpulan data reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan belajar IPA melalui penerapan strategi pembelajaran LSQ (Learning Start With A Question) yang dapat dilihat dari hasil observasi keaktifan belajar pada setiap siklusnya yang mengalami peningkatan. Peningkatan minat terlihat dalam 5 indikator yaitu menyatakan pendapat siswa dalam pembelajaran pada pra siklus sebesar 9,52% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 80,95%. Keaktifan siswa untuk bertanya pada pra siklus sebesar 23,80% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 100%. Keaktifan siswa dalam berdiskusi pada pra siklus sebesar 9.52% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 95,23%. Keaktifan siswa dalam mendengarkan penjelasan pada pra siklus sebesar 14,28% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 100%,dan keaktifan siswa dalam menagapi jawaban pada pra siklus sebesar 4,76% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 90,48% Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan srategi pembelajaran LSQ (Learning Start With A Question) dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Giriroto 1.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Belajar IPA, Strategi Learning Start With A Question (LSQ
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2014 06:05
Last Modified: 18 Mar 2014 06:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28275

Actions (login required)

View Item View Item