Eksanto, Mohamad (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Lsq (Learning Starts With A Questions) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Di SD N Giriroto 1 Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Awal.pdf Download (421kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (382kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA siswwa melalui penerapan srategi pembelajaran LSQ (Learning Start With A Question) pada siswa kelas IV SD Negeri Giriroto 1 tahun 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan guru kelas IV SD Negeri Giriroto 1, Objeknya adalah siswa kelas IV SD Negeri Giriroto 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tahap pengumpulan data reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan belajar IPA melalui penerapan strategi pembelajaran LSQ (Learning Start With A Question) yang dapat dilihat dari hasil observasi keaktifan belajar pada setiap siklusnya yang mengalami peningkatan. Peningkatan minat terlihat dalam 5 indikator yaitu menyatakan pendapat siswa dalam pembelajaran pada pra siklus sebesar 9,52% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 80,95%. Keaktifan siswa untuk bertanya pada pra siklus sebesar 23,80% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 100%. Keaktifan siswa dalam berdiskusi pada pra siklus sebesar 9.52% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 95,23%. Keaktifan siswa dalam mendengarkan penjelasan pada pra siklus sebesar 14,28% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 100%,dan keaktifan siswa dalam menagapi jawaban pada pra siklus sebesar 4,76% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 90,48% Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan srategi pembelajaran LSQ (Learning Start With A Question) dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Giriroto 1.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Belajar IPA, Strategi Learning Start With A Question (LSQ |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 18 Mar 2014 06:05 |
Last Modified: | 18 Mar 2014 06:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28275 |
Actions (login required)
View Item |