Septiana, Riris and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Classwide Peer Tutoring (CWPT) Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Ipa Kelas V SD Negeri Luwang 01 Gatak Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (565kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (184kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (384kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipsi belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran Classwide Peer Tutoring ( CWPT). Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran dikelasnya. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Luwang 01, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya Magnet, Gaya Gravitasi Bumi, Gaya Gesekan dan Pesawat Sederhana. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan peningkatan partisipasi belajar pada materi pelajaran prosentase pada prasiklus 30,45%, pada siklus I pertemuan I 37,13%, siklus I pertemuan II 73,32%, siklus II pertemuan I 74,28%, siklus II pertemuan II 88,56%. Hasil belajar siswa dalam mengikuti pelajaran menunjukan peningkatan dari prosentase prasiklus 33,33%, siklus I pertemuan I 61,90%, siklus I pertemuan II 71,46%, siklus II pertemuan I 76,19% dan siklus II pertemuan II 85,71%. Kesimpulan PTK ini adalah bahwa penggunaan strategi pembelajaran Classwide Peer Tutoring (CWPT) dapat meningkatkan Partisipasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SD Negeri Luwang 01, Kecamatan Gatak , Kabupaten Sukoharjo, tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi Belajar, Srategi pembelajaran Classwide Peer Tutoring (CWPT) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 17 Mar 2014 10:32 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28265 |
Actions (login required)
View Item |