Kapriati, Rizka Diana and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Korelasi Antara Minat Dengan Aktivitas Belajar Ipa Pada Siswa Kelas IV SDITNur Hidayah Surak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (903kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (903kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (903kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._Daftar_Pustaka.pdf Download (353kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui korelasi antara minat belajar dengan aktivitas belajar IPA yang terjadi pada siswa kelas IV SDIT Nur Hidayah Surakarta tahun pelajaran 2013 / 2014. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif asosiatif dan juga penelitian ex post facto. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas IV A – D di SDIT Nur Hidayah Surakarta, dengan sampel kelas IV D. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak berdasarkan pembagian kelas dengan cara diundi. Variabel yang diuji adalah minat belajar IPA sebagai variabel bebas, dan aktivitas belajar IPA sebagai variabel terikat. Data yang digunakan terdiri dari data minat belajar yang dikumpulkan melalui angket, data aktivitas belajar siswa yang dikumpulkan melalui angket, observasi, dan wawancara dengan guru, dan data kegiatan pembelajaran IPA yang dikumpulkan melalui observasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik Pearson Product Moment yang digunakan untuk mengetahui besar korelasi antara minat dengan aktivitas belajar. Dalam penelitian ini juga dilakukan uji asumsi dasar yang terdiri dari uji normalitas dan linearitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai rxy 0,741. Jika dikonsultasikan dengan r0,05;29 sebesar 0,355, maka rxy > r0,05;29 = 0,741 > 0,355 sehingga terdapat korelasi yang signifikan antara minat dengan aktivitas belajar. Nilai korelasi yang lebih dari 0,5 menunjukkan adanya korelasi positif yang kuat antara minat dengan aktivitas belajar pada siswa kelas IV SDIT Nur Hidayah Surakarta tahun pelajaran 2013 / 2014
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Korelasi, Minat belajar, Aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 17 Mar 2014 08:45 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28259 |
Actions (login required)
View Item |