Korelasi Antara Minat Dengan Aktivitas Belajar Ipa Pada Siswa Kelas IV SDITNur Hidayah Surak

Kapriati, Rizka Diana and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Korelasi Antara Minat Dengan Aktivitas Belajar Ipa Pada Siswa Kelas IV SDITNur Hidayah Surak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (903kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._Daftar_Pustaka.pdf

Download (353kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui korelasi antara minat belajar dengan aktivitas belajar IPA yang terjadi pada siswa kelas IV SDIT Nur Hidayah Surakarta tahun pelajaran 2013 / 2014. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif asosiatif dan juga penelitian ex post facto. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas IV A – D di SDIT Nur Hidayah Surakarta, dengan sampel kelas IV D. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak berdasarkan pembagian kelas dengan cara diundi. Variabel yang diuji adalah minat belajar IPA sebagai variabel bebas, dan aktivitas belajar IPA sebagai variabel terikat. Data yang digunakan terdiri dari data minat belajar yang dikumpulkan melalui angket, data aktivitas belajar siswa yang dikumpulkan melalui angket, observasi, dan wawancara dengan guru, dan data kegiatan pembelajaran IPA yang dikumpulkan melalui observasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik Pearson Product Moment yang digunakan untuk mengetahui besar korelasi antara minat dengan aktivitas belajar. Dalam penelitian ini juga dilakukan uji asumsi dasar yang terdiri dari uji normalitas dan linearitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai rxy 0,741. Jika dikonsultasikan dengan r0,05;29 sebesar 0,355, maka rxy > r0,05;29 = 0,741 > 0,355 sehingga terdapat korelasi yang signifikan antara minat dengan aktivitas belajar. Nilai korelasi yang lebih dari 0,5 menunjukkan adanya korelasi positif yang kuat antara minat dengan aktivitas belajar pada siswa kelas IV SDIT Nur Hidayah Surakarta tahun pelajaran 2013 / 2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Minat belajar, Aktivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2014 08:45
Last Modified: 19 Oct 2021 05:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28259

Actions (login required)

View Item View Item