Peningkatan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Penerapan Strategi Word Square Pada Siswa Kelas V SD Negeri Jetis 02 Sukoha

Widyastuti, Fitri and -, Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Penerapan Strategi Word Square Pada Siswa Kelas V SD Negeri Jetis 02 Sukoha. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui stategi Word Square pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SDN Jetis 02 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data ini adalah observasi, wawancara dan tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator dalam penelitian tindakan kelas ini meliputi perasaan senang, ketertarikan siswa dalam pembelajaran, perhatian siswa, dan keterlibatan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat belajar siswa melalui strategi word square. Hal tersebut dapat dilihat dari: perasaan senang pada prasiklus 36,11%,siklus I 61,11%, siklus II 63,89% dan siklus III 91,67%; ketertarikan siswa pada prasiklus 47,22%, siklus I 61,11% dan siklus II 66,67% dan siklus III 91,67%; perhatian siswa pada prasiklus 36,11%, siklus I 55,56%, siklus II 63,89% dan siklus III 94,44%;keterlibatan siswa dalam pembelajaran pada prasiklus 44,44%, siklus I 58,33%, siklus II 69,44% dan siklus III 88,89%. Peningkatan hasil belajar siswa pada prasiklus 33,33%,siklus I 63,89%, siklus II 69,44% dan siklus II 94,44%. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat mencapai indikator yang telah ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan strategi word square dapat meningkatkan minat belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jetis 02 Sukoharjo

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar siswa, strategi word square
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2014 08:01
Last Modified: 19 Oct 2021 05:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28255

Actions (login required)

View Item View Item