Januanesbi, Galan and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. and , Dedi Ary Prasetya S.T, M.Eng (2014) Pembelajaran Vulkanologi Secara 3D Berbasis Augmented Reality. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.PDF Download (4MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.PDF Download (39MB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (863kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.PDF Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Media dalam belajar saat ini memang sudah sangat berkembang di Indonesia. Belajar menggunakan media animasi merupakan cara belajar yang dapat diterapkan di sekolah dasar maupun di universitas, maka pada kali ini akan dibahas mengenai pembuatan animasi 3D dengan menggunakan Augmented Reality yang akan dipergunakan untuk pembelajaran vulkanologi yang ditujukan untuk semua orang. Manfaat dari pembelajaran ini adalah memberikan informasi tentang proses terbentuknya gunung api, mengetahui tentang struktur gunung api, mengetahui macam-macam tipe erupsi, dan mengetahui jenis-jenis bentuk gunung api. Pembuatan aplikasi ini dimulai dengan pengumpulan data, kemudian dilanjutkan dengan analisa kebutuhan sistem. Kemudian dilanjutkan dengan tahap perancangan objek Vulkanologi menggunakan aplikasi Blender 2.69 dan penyisipan objek ke ARToolkit. Animasi 3D yang dibuat adalah pembentukan gunung api, bagian gunung api, tipe gunung api berdasarkan erupsi dan tipe gunung api berdasarkan bentuknya. Hasilnya dengan teknologi ini pembelajaran Vulkanologi mempunyai inovasi baru dalam penyampaian informasi Vulkanologi dan menjadikan pembelajaran Vulkanologi yang dihasilkan lebih menarik karena penggunanya berinteraksi langsung dengan media pembelajaran tersebut. Teknologi ini nantinya juga bisa menjadi peluang bisnis dan dapat diterapkan dalam dunia kerja.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Blender, Vulkanologi |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 13 Mar 2014 08:24 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 04:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28189 |
Actions (login required)
View Item |