Kusumawardani, Dian Asih and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Peningkatan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Strategi Think Pair Share (PTK Kelas VII H Semester Ganjil MTs Negeri Ngemplak Boyolali Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (468kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII H MTs Negeri Ngemplak Boyolali dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas VII H yang berjumlah 32 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode alur, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan tekhnik triangulasi.Data hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Adanya peningkatan komunikasi siswa dapat dilihat dari 1) menyatakan ide melalui berbicara dari (12,5%) menjadi (71,875%), 2) menuliskan ide matematika dari (9,375%) menjadi (68,75%), 3) menggambarkan ide matematika dari (9,375%) menjadi (65,625%), 4) menjelaskan konsep matematika dari (15,625%) menjadi (62,5%). Sedangkan kemampuan pemecahan masalah siswa meliputi 1) kemampuan memahami masalah sebelum tindakan (15,625%) dan sesudah tindakan menjadi (75%) , 2) kemampuan merencanakan penyelesaian sebelum tindakan dari (12,5%) menjadi (68,75%), 3) kemampuan melaksanakan perencanaan penyelesaian sebelum dilakukan tindakan (9,375%) dan sesudah tindakan menjadi(62,5%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share, komunikasi matematika, kemampuan pemecahan masalah matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 11 Mar 2014 06:17 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 06:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28130 |
Actions (login required)
View Item |