Sari, Siti Amiroh and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Implementasi Model Murder Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif (PTK Pada Siswa Kelas X Akuntansi Pemasaran di SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (221kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (441kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif dengan menerapkan model pembelajaran MURDER bagi siswa kelas X Akuntansi Pemasaran SMK Muhammadiyah Delanggu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dan peneliti. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X Akuntansi Pemasaran SMK Muhammadiyah Delanggu yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa melalui model pembelajaran MURDER yang dapat dilihat dari indikator yaitu: 1) Kemampuan siswa dalam mengajukan berbagai pertanyaan sesuai dengan konsep pembelajaran sebelum tindakan 16,67% dan di akhir tindakan menjadi 75% , 2) Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan sesuai dengan konsep pembelajaran sebelum tindakan 25% dan di akhir tindakan menjadi 83,33%, 3) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan konsep pembelajaran sebelum tindakan 16,67% dan di akhir tindakan menjadi 83,33%, 4) Kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan gagasan/ ide baru sesuai dengan konsep pembelajaran sebelum tindakan 8,33 % dan di akhir tindakan menjadi 66,67%, 5) Kemampuan siswa dalam menarik kesimpulan sesuai dengan konsep pembelajaran sebelum tindakan 25% dan di akhir tindakan menjadi 91,67%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan implementasi model MURDER dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis dan kreatif, MURDER |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 11 Mar 2014 05:33 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28124 |
Actions (login required)
View Item |