Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Melalui Teknik Paired Storytelling Dengan Media Audiovisual Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Soka 3 Miri Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Nugraheni, Surya Fatria and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Melalui Teknik Paired Storytelling Dengan Media Audiovisual Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Soka 3 Miri Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (209kB)

Abstract

hasil belajar siswa melalui teknik Paired Storytelling dengan menggunakan media Audiovisual pada mata pelajaran Bahasa Indonesa siswa kelas V SD N Soka 3 Miri Sragen Tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N Soka 3 Miri Sragen yang berjumlah 16 siswa. Guru Kelas V berperan sebagai subjek pelaksana tindakan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, Dokumentasi, dan teknik tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik/ metode. Teknik Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi, panyajian data dan penarikan kesimpulan dalam bentuk interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan teknik Paired Storitelling dengan media Audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dapat ditunjukkan melalui peningkatan skor nilai keterampilan menyimak cerita yang meliputi prosentase kemampuan menyimak pra siklus sebesar 60,94%, siklus I sebesar 75,79%, siklus II sebesar 81,25%. Prosentase Kemampuan Memahami ide pokok pra siklus sebesar 46,88%, siklus I sebesar 71,09%, siklus II sebesar 82,04%. Prosentase kemampuan memahami maksud tersirat dan tersurat pada pra siklus sebesar 56,25%, siklus I sebesar 70,31%, siklus II sebesar 84,38%. Prosentase kemampuan menceritakan kembali pada pra siklus sebesar 48,44%, siklus I sebesar 66,40%, siklus II sebesar 78,12%. Prosentase kemampuan menjawab pertanyaan pada pra siklus sebesar 59,34%, siklus I sebesar 74,21%, siklus II sebesar 89,07%. Sedangkan hasil belajar juga mengalami peningkatan, hal tersebut dapat ditunjukkan dengan prosentase nilai hasil belajar pra siklus sebesar 43,75%, meningkat pada siklus I sebesar 62,50% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 81,25%. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan teknik Paired Storytelling dengan media Audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menyimak dan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD N Soka 3 Miri Sragen Tahun Ajaran 2013/ 2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Menyimak, Cerita, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Paired Storytelling, Audiovisual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2014 06:25
Last Modified: 04 Nov 2021 11:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28102

Actions (login required)

View Item View Item