Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Media Papan Selip (Slot Board) Pada Siswa Kelas II SDN 2 Karangtalun Tahun 2013/2014

Utami, Desiana Wahyu and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si (2014) Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Media Papan Selip (Slot Board) Pada Siswa Kelas II SDN 2 Karangtalun Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Indonesia melalui media papan selip (slot board) di kelas II SDN 2 Karangtalun tahun ajaran 2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian yang dikenai tindakan siswa kelas II SDN 2 Karangtalun yang berjumlah 19 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti yang bertindak sebagai guru dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan: wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik deskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil belajar pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata kelas 67,26 dengan persentase ketuntasan sebesar 47,36%, siklus I pada pertemuan 1 nilai ratarata 70,94 dengan persentase ketuntasan sebesar 52,63% dan pada pertemuan 2 nilai rat-rata kelas 75,47 dengan persentase ketuntasan 63,15%. Pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata kelas 82,47 dengan persentase ketuntasan sebesar 78,94% dan pada pertemuan 2 mengalami peningkatan rata-rata kelas menjadi 89,26 dengan persentase ketuntasan sebesar 89,47%. Sedangkan peningkatan penguasaan kosakata terlihat pada meningkatnya nilai rata – rata kelas dan presesntase ketuntasan pada indikator yang telah ditetapkan. Pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata – rata kelas 51,26 dengan persentase ketuntasan 26,31%, siklus I pertemuan 1 nilai rata – rata kelas 59,26 dengan persentase ketuntasan 31,57%, siklus I pertemuan 2 rata – rata kelas 70,21 dengan persentase 52,63%, siklus II pertemuan 1 rata – rata kelas 77,78 dengan presentase ketuntasan 89,47% dan pada siklus II pertemuan 2 rata – rata kelas 87,26 dengan prosentase ketuntasan 94,73%. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan kosakata bahasa Indonesia melalui media papan selip (slot board) yang dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dan prosentase ketuntasan pada setiap siklusnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penguasaan kosakata bahasa Indonesia, media papan selip (slot board)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Mar 2014 09:07
Last Modified: 19 Oct 2021 04:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27992

Actions (login required)

View Item View Item