Pengaruh Kebiasaan Berbahasa Jawa Di Rumah Terhadap Pemahaman Konsep Bahasa Jawa Kelas V SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

Rahmawati, Oktavia and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Pengaruh Kebiasaan Berbahasa Jawa Di Rumah Terhadap Pemahaman Konsep Bahasa Jawa Kelas V SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (658kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (882kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaanberbahasa Jawa di rumah terhadap pemahaman konsep bahasa Jawa siswa kelas V SDIT Nur Hidayah Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan angket serta pengolahan data dilakukan menggunakan teknik statistik. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana yang sebelumnya sudah dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Hasil analisis data dengan menggunakan taraf signifikansi 5 % diketahui bahwa kebiasaan berbahasa Jawa di rumah berpengaruh positif yang signifikan terhadap pemahaman konsep bahasa Jawa. Hal ini berdasarkan uji signifikansi (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,602 > 2,042 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,014 < 0,05. Dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai r2 adalah sebesar 0,184 yang berarti bahwa pengaruh yang diberikan oleh kebiasaan berbahasa Jawa di rumah terhadap pemahaman konsep bahasa Jawa siswa adalah sebesar 18,4 % sedangkan 81,6 % dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan, bahasa, Jawa, pemahaman, konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2014 10:50
Last Modified: 19 Oct 2021 02:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27973

Actions (login required)

View Item View Item