Salamah, Fitri and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Logaritma ( PTK Pada Siswa Kelas X AK Semester Ganjil SMK Prawira Marta Kartasura Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (332kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (246kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X AK SMK Prawira Marta Kartasura tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 25 siswa dengan penerapan strategi pembelajaran inquiry pada pokok bahasan logaritma. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inquiry pada pokok bahasan logaritma dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X AK SMK Prawira Marta Kartasura tahun ajaran 2013/2014. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut : (1) kemampuan siswa dalam mengubah bentuk yang satu ke bentuk yang lain menunjukkan peningkatan dari 60% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. (2) kemampuan siswa dalam memberikan contoh menunjukkan peningkatan dari 52% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. (3) kemampuan siswa dalam meringkas menunjukkan peningkatan dari 60% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. (4) kemampuan siswa dalam menjelaskan menunjukkan peningkatan dari 40% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | logaritma; pemahaman konsep matematika; strategi pembelajaran inquiry |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2014 08:25 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27934 |
Actions (login required)
View Item |