Ariva, Ulin Nur and , Dr. Sumardi, M.Si and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2013) Penggunaan Metode Mind Map Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar (PTK Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Kelas VIII Internasional Semester Genap MTs PPMI Assalaam Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf Download (998kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
||
PDF ( Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (689kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII Internasional MTs PPMI Assalaam Sukoharjo melalui penerapan metode Mind Map. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Internasional MTs PPMI Assalaam Sukoharjo yang berjumlah 31 siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Mind Map dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada kelas VIII Internasional MTs PPMI Assalaam Sukoharjo. Hal ini dapat dilihat dari : (1) mengerjakan pekerjaan rumah sebelum tindakan 77,42% sesudah tindakan menjadi 87,096% (2) kesiapan mengikuti kegiatan pembelajaran sebelum tindakan 48,39% sesudah tindakan menjadi 83,87%, (3) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 6,45% sesudah tindakan menjadi 32,25%, (4) memenuhi KKM sebelum tindakan 45,16% sesudah tindakan menjadi 64,52%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode Mind Map dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Mind Map, Motivasi, Prestasi Belajar |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2014 07:27 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27930 |
Actions (login required)
View Item |