ZASTI, AULIA and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Strategi Guided Note Taking Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Serenan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (917kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (156kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (770kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (393kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking melalui media gambar kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri 2 Serenan tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V dan guru kelas V SD Negeri 2 Serenan yang terdiri dari 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA, dengan penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking melalui media gambar sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri 2 Serenan tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran, rata-rata motivasi belajar siswa sebelum tindakan 49,99%. Setelah dilaksanakan tindakan rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 68,93% pada siklus I dan di akhir tindakan motivasi belajar siswa mencapai rata-rata sebesar 82,94% pada siklus II. Selain motivasi belajar siswa meningkat, hasil belajar siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa sebelum tindakan 42,42%, setelah dilakasanakan tindakan hasil belajar siswa sebesar 72,72% pada siklus I dan akhir tindakan hasil belajar siswa sebesar 87,87% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Guided Note Taking melalui media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri 2 Serenan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi; belajar, guided note taking |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 27 Feb 2014 12:55 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27921 |
Actions (login required)
View Item |