Wijayanto, Eko Dani (2005) Pengaruh Metode Permainan Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Perkalian Dan Pembagian Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas III SD N Tegalsari 10 Dan SD N Tegalsari 11 Tegal. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (493kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (144kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode permainan terhadap prestasi belajar matematika (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika (3) mengetahui ada tidaknya interaksi penggunaan metode permainan ditinjau dari motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas III SD se Kecamatan Tegalsari tahun ajaran 2004/2005 dengan SDN Tegalsari 11 sebagai sampel eksperimen dan SDN Tegalsari 10 sebagai sampel kontrol yang diambil secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan: 1) metode dokumentasi, 2) metode tes,dan 3) metode angket. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Anava dua jalan dengan sel tidak sama dengan terlebih dahulu meguji persyaratannya. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf signifikansi ( ) = 5 % disimpulkan α bahwa: 1) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau dari metode mengajar yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode permainan lebih positif dengan Fa = 7,625, (2) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa ditinjau dari motivasi berprestasi siswa dengan kategori tinggi,sedang dan rendah dengan Fb = 3,398, (3) tidak ada interaksi yang signifikan antara metode pengajaran dan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan perkalian dan pembagian dengan Fab = 0,749. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode permainan memberi pengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan perkalian dan pembagian yang berdampak meningkatnya prestasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode permainan, pembelajaran matematika, motivasi berprestasi |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2014 05:48 |
Last Modified: | 27 Feb 2014 06:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27897 |
Actions (login required)
View Item |