Ekowati, Dewi (2004) Pengaruh Sikap Konstruktif Siswa Dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin(Studi Pada Siswa Kelas II Semester III SMU Negeri 02 Pekalongan Tahun Ajaran 2003/2004). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (276kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (130kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan sikap konstruktif siswa, bimbingan orang tua dan prestasi belajar matematika siswa di SMU Negeri 02 Pekalongan kelas 2 semester III, (2) untuk mengetahui pengaruh sikap konstruktif siswa dan bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar matematika, baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri (3) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang dipengaruhi oleh sikap konstruktif siswa dan bimbingan orang tua antara laki-laki dan perempuan. Populasi berjumlah 272 siswa dan sampel 160 siswa yang diperoleh dengan teknik proposional random sampling. Pengambilan data dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) sikap konstruktif siswa, bimbingan orang tua, dan prestasi belajar matematika siswa kelas 2 semester III di SMU Negeri 02 Pekalongan tahun ajaran 2003/2004 tergolong sedang, (2) Sikap Konstruktif Siswa (X1) dan bimbingan orang tua (X2) berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika (Y) dengan a = 0,05 dan persamaan regresi Yˆ = -0,409 + 9,663.10-2 X1 + 5,794.10-2 X2 dan R = 0,386, R² = 0,149, (3) Sikap konstruktif siswa (X1) berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika (Y) dengan a = 0,05 dan rx1y-x2 = 0,273. (4) Bimbingan orang tua (X2) berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika (Y) dengan a = 0,05 dan rx2y-x1 = 0,245, (5) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika (Y) yang dipengaruhi oleh sikap konstruktif siswa (X1) dan bimbingan orang tua (X2) antara laki-laki dan perempuan dengan a = 0,05 dan persamaan regresi: Yˆ = -0,332 + 9,619.10-2 X1 + 5,729.10-2 X2 - 6,28.10-2 X3. Prestasi belajar matematika pada siswa laki-laki lebih rendah 6,28.10-2 dari prestasi belajar matematika siswa perempuan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sikap konstruktif, pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 26 Feb 2014 11:21 |
Last Modified: | 26 Feb 2014 11:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27892 |
Actions (login required)
View Item |