Analisis Butir Soal Ulangan Umum Matematika Kelas II Semester I SMP Negeri 5 Purwodadi Tahun Ajaran 2004/2005

Sulistyobudi, Agus Dwi (2005) Analisis Butir Soal Ulangan Umum Matematika Kelas II Semester I SMP Negeri 5 Purwodadi Tahun Ajaran 2004/2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (238kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kualitas item butir soal objektif yang digunakan pada ulangan umum matematika kelas II semester I di SMP Negeri 5 Purwodadi, (2) persentase materi SMP kelas II semester I pada tiap pokok bahasan yang digunakan dalam evaluasi tersebut, (3) persentase jenjang kognitif yang digunakan dalam evaluasi tersebut, (4) persentase kesalahan butir-butir soal evaluasi dari segi konsep keilmuannya, dan (5) persentase kesalahan butir-butir soal evaluasi ditinjau dari segi konstruksinya. Penelitian ini dilakukan pada butir soal Ulangan Umum matematika kelas II semester I SMP kabupaten Grobogan tahun ajaran 2004/2005. Soal matematika ini terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal essay. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Dari hasil analisis data dengan deskriptif kualitatif, dapat disimpulkan bahwa: (1) evaluasi ini telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas karena dari 30 soal pilihan ganda yang ada, hanya 6 soal yang tidak valid dan mempunyai keajegan standart 88,1%; (2) persentase materi pada tiap pokok bahasan yang digunakan dalam evaluasi ini yaitu: 14,3% (relasi, pemetaan dan grafik), 8,6 % (kuadrat dan akar kuadrat suatu bilangan),11,4% (teorema Phytagoras), 20% (garis-garis sejajar), 17,1% (jajaran genjang, belah ketupat, layang-layang, trapesium), 5,7% (perbandingan), 14,3% (waktu, jarak dan kecepatan), dan 8,6% (tempat kedudukan); (3) persentase jenjang kognitif dalam evaluasi ini yaitu C1: 34,3% (pengetahuan); C2: 40% (pemahaman); C3: 22,9%(penerapan); C4,5,6: 2,9% (analisis, sintesis, dan evaluasi), (4) tidak ada persentase salah konsep berdasarkan konsep yang ada dalam GBPP Matematika Kurikulum SMP tahun 1994 adalah sebesar 0%, dan (5) persentase adanya salah konstruksi berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan dalam penyusunan soal adalah 14,3 %. Secara umum dapat disimpulkan bahwa soal Ulangan Umum matematika kelas II semester 1 SMP Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2004/2005 ditinjau dari penyusunannya sudah baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis, butir, soal
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2014 07:37
Last Modified: 26 Feb 2014 07:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27883

Actions (login required)

View Item View Item