Rusmalia, Rusmalia (2003) Eksperimentasi Pengajaran Matematika Dengan Metode Demonstrasi Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa (Pada Sisw A Kelas I MTs NU Tirto Pekalongan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (53kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III].pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok ditinjau dari perbedaan penggunaan metode pembelajaran, (2) Perbedaan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok ditinjau dari perbedaan kemampuan awal siswa, (3) Interaksi antara metode mengajar dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I semester II MTs NU Tirto Pekalongan tahun ajaran 2002/2003, yang terdiri dari 4 kelas dengan cacah siswa sebanyak 173 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa yaitu seluruh siswa kelas IC dan ID yang diambil secara random sampling terhadap kelas dengan cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode test untuk memperoleh data prestasi belajar matematika pokok bahasan kubus dan balok dan metode dokumentasi untuk mengetahui nilai Ujian Tengah Semester (UTS) yang digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Variansi Dua Jalan Sel Tak Sama. Pengujian persyaratan analisis dilakukan dengan menggunakan metode Lilliefors untuk uji Normalitas dan metode Bartlett untuk uji Homogenitas. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan : (1) Fhitung = 4,878 > Ftabel = 3,96 pada taraf signifikansi 0,05 berarti terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok yang disebabkan perbedaan penggunaan metode pembelajaran. (2) Fhitung = 67,742 > Ftabel = 3,96 pada taraf signifikansi 0,05 berarti terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok yang disebabkan perbedaan kemampuan awal siswa. (3) Fhitung = 4,611 > Ftabel = 3,96 pada taraf signifikansi 0,05 berarti terdapat interaksi antara metode mengajar dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penggunaan metode pembelajaran, metode pembelajaran demonstrasi |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 26 Feb 2014 06:55 |
Last Modified: | 26 Feb 2014 07:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27881 |
Actions (login required)
View Item |