Filosofi, Azwar (2005) Pembelajaran Matematika Dengan Model Contextual Teaching And Learning Pada Pokok Bahasan Pecahan (Pada Siswa Kelas I SMP Negeri 2 Comal. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (168kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTRA_PUSTAKA.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran CTL pada pokok bahasan pecahan, 2) mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran CTL pada pokok bahasan pecahan, 3) mengetahui apakah penggunaan metode CTL lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional pada pokok bahasan pecahan. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas I SMP Negeri 2 Comal tahun ajaran 2005/2005 dengan kelas IA sebagai sample eksperimen dan kelas IB sebagai sample kontrol. Teknik pengambilan sample dengan cara random sampling cara berkelompok dengan setiap anggota berkesempatan dijadikan sample. Pengumpulan data dilakukan dengan: 1) metode tes, 2) metode bantu yang meliputi metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan t-tes dengan terlebih dahulu menguji persyaratannya. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: 1) penggunaan metode yang tepat dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, 2) ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari metode mengajar yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode CTL lebih baik dengan mean = 5,25 dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional dengan mean = 4,52,3) penggunaan metode pembelajaran CTL lebih baik dibandingkan dengan penggunaan metode pembelajaran konvensional dilihat dari prestasi yang diperoleh siswa 3) penggunaan metode CTL pada pokok bahasan pecahan memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa yang berdampak pada meningkatnya prestasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode CTL, Pembelajaran Matematika, Prestasi Belajar |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 26 Feb 2014 06:40 |
Last Modified: | 26 Feb 2014 06:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27880 |
Actions (login required)
View Item |