Fauziah, Siti (2004) Perbedaan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Pola Latihan Interaktif Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Pokok Bahasan Persamaan Linier Dua Peubah (Pada Siswa Kelas 2 SMP Negeri I Kartasura Kabupaten Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (87kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara pembelajaran matematika melalui pola latihan interaktif dengan metode konvensional, 2) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari aktivitas belajar siswa, 3) mengetahui interaksi antara pembelajaran matematika melalui pola interaktif dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian adalah siswa kelas 2 SMP Negeri I Kartasura, dan sampel diambil secara random sampling sebanyak 80 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data adalah metode tes, angket, dokumentasi dan observasi. Persyaratan uji analisis dilakukan uji matching, uji normalitas dan uji homogenitas. Data dianalisis dengan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan : (i) FA = 17,07 > Ftab = 3,97 dengan α = 0,05 berarti ada perbedaan prestasi belajar matematika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran matematika dengan pola interaktif dan metode konvensional, (ii) FB = 6,13 > Ftab = 3,12 dengan α = 0,05 berarti ada perbedaan yang signifikan ditinjau dari aktivitas belajar siswa yang tinggi, sedang, dan rendah, dan (iii) FAB = 0,55 < Ftab = 3,12 dengan α = 0,05 berarti tidak ada interaksi (pengaruh bersama) yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran matematika menggunakan pola interaktif dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika yang diberi pembelajaran dengan menggunakan pola latihan interaktif dan metode konvensional., 2) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika dilihat dari aktivitas belajar siswa yang tinggi, sedang, dan rendah, dan 3) Tidak ada interaksi yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran matematika melalui pola latihan interaktif dengan metode konvensional |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 25 Feb 2014 11:12 |
Last Modified: | 25 Feb 2014 11:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27875 |
Actions (login required)
View Item |