Hubungan Sifat Kemandirian Siswa Dengan Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Kelas I Semester II MTsN Boyolali

Haryati, Eny (2004) Hubungan Sifat Kemandirian Siswa Dengan Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Kelas I Semester II MTsN Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (458kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sifat kemandirian siswa dengan prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I MTsN Boyolali Semester II. Sampel berjumlah 40 siswa (satu kelas). Sampel diambil dengan random sampling. Data diperoleh melalui angket dan test. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi sederhana, uji korelasi, uji t dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji independensi dan uji reliability.. Berdasarkan perhitungan analisis regresi sederhana Y = 4,376 + 2,673 X, artinya apabila sifat kemandirian siswa tidak ada maka prestasi belajar matematika siswa sebesar 4,376, dan apabila sifat kemandirian siswa itu ditingkatkan satu persen maka prestasi belajar matematika akan meningkat sebesar 2,673, uji linieritas nilai r hit sebesar 4,418 dan nilai r tabel sebesar 4,08 maka 4,418 > 4,08 berarti sifat kemandirian siswa tersebut linier, uji normalitas variabel sifat kemandirian siswa nilai Lo sebesar 0,132 dan nilai alpha 0,05 maka 0,132 > 0,05 maka data tersebar normal dan uji normalitas untuk prestasi belajar matematika siswa nilai Lo sebesar 0,176 dan nilai alpha sebesar 0,05 maka 0,176 > 0,05 sehingga prestasi belajar matematika datanya tersebar normal, uji independensi nilai F hit 13,115 dan F tab sebesar 4,08 maka variabel x berpengaruh terhadap variabel Y, uji korelasi sebesar 0,507 > 0,312 maka terdapat hubungan antara sifat kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika serta uji t, nilai t-hit sebesar 3,621 dan t-tab sebesar 1,960 maka t-hit > t-tab atau 3,621 > 1,960 maka sifat kemandirian siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sifat kemandirian belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2014 09:06
Last Modified: 25 Feb 2014 09:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27871

Actions (login required)

View Item View Item