Padmiyatun, Padmiyatun and , Drs. Andi Haris Prabowo, M.Hum (2013) Upaya Mengembangkan Kecerdasan Emosional Melalui Bermain Balok Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak Di TK LKMD I Kopen Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (264kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB__I.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB__II.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB__V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (184kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk MENGEMBANGKAN kecerdasan emosional pada anak didik kelompok B TK LKMD I Kopen, Teras, Boyolali dengan menggunakan permainan balok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan model sistem yang ter diri atas perencanaan (planning), kegiatan dan pelaksanaan (action and observing), pengembangan dan analisis (reflection), subyek penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B TK LKMD I Kopen, Teras, Boyolali tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 38 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriktif. Metode deskriktif difokuskan pada metode lapangan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode tindakan (action research) dengan melaksanakan model pembelajaran untuk diketahui sebelum tindakan dan setelah diberikan tindakan. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui tahapan – tahapan pengumpulan data, reduksi data, pengujian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan (1) peningkatan kecerdasan emosional sebelum tindakan menunjukkan nilai rata – rata siswa 1,60, (2) realisasi tindakan pertama melalui bermain balok menunjukkan nilai rata -rata siswa 2,83 dan tindakan kedua melalui bermain balok memiliki pengaruh yang positif, yakni munculnya semangat dan antusias siswa dalam bermain balok dan menunjukkan nilai rata – rata 2,99. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan kecerdasan emosional siswa TK LKMD I Kopen dengan nilai rata - rata 3,40. Pada siklus I,II hasilnya cukup, tahap III hasilnya baik, sementara itu sebelum kegiatan bermain balok rata – rata kecerdasan emosional siswa masih kurang.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Bermain Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 12 Feb 2014 07:55 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 07:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27677 |
Actions (login required)
View Item |