Sholekhati, Cahyani and , Drs. Muhammad Yahya, M.Si (2013) Studi Komparasi Antara Metode Polamatika Dengan Metode Algoritma Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv SD Muhammadiyah 3 Nusukan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta I Surakarta Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
PDF_Halaman_Depanx.pdf Download (585kB) |
|
|
PDF (Bab I)
PDF_BAB_Ix.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
PDF_BAB_IIx.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab III)
PDF_BAB_IIIx.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab IV)
PDF_BAB_IVx.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab V)
PDF_BAB_Vx.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
PDF_Daftar_Pustakax.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
PDF_Lampiranx.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
PDF_NASKAH_PUBLIKASIx.pdf Download (383kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan penggunaan metode polamatika dengan metode algoritma terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta tahun 2013/2014, (2) metode mana yang lebih baik antara polamatika dan algoritma terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini termasuk eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas IV sebanyak 2 kelas. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data adalah uji t, yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, uji reabilitas dan uji normalitas. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan antara penggunaan metode polamatika dengan metode algoritma terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta. Hasil uji t thitung > ttabel yaitu 2,0939 > 2,012. Rata-rata nilai hasil belajar matematika metode polamatika adalah 89,83 dan rata-rata nilai hasil belajar metode algoritma adalah 82,25. Jadi, metode polamatika lebih baik dibandingkan metode algoritma.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Polamatika, Metode algoritma , Hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 12 Feb 2014 06:38 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 14:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27669 |
Actions (login required)
View Item |