PARAMAWARTI, Luh and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Eksperimentasi Pembelajaran Team Game Tournament Dan Realistics Mathematic Education Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemandirian Siswa (Pada Siswa Kelas Ix Mts Suniyyah Selo Tawangharjo Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (125kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
||
|
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Download (400kB) |
|
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah PublikaSI)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (748kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh penerapan model TGT dan RME terhadap hasil belajar siswa Kelas IX MTs Suniyyah Selo Tawangharjo 2013/2014, (2) pengaruh hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian siswa Kelas IX MTs Suniyyah Selo Tawangharjo 2013/2014, (3) pengaruh interaksi model pembelajaran dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas IX MTs Suniyyah Selo Tawangharjo 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Suniyyah Selo Tawangharjo tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 3 kelas. Sampel dari penelitian ini kelas IX A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran TGT dan kelas IX B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran RME. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Closter Rando Sampling. Model pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada α = 5%, diperoleh : (1) tidak ada pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika dengan Fa = -5390,6, (2) artinya tidak ada pengaruh hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian siswa Kelas IX MTs Suniyyah Selo Tawangharjo 2013/2014, dengan Fb = -327,53, (3) ada pengaruh interaksi model pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar matematika dengan Fab = 18921,7.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Team Game tournament (TGT), Realistics Mathematic Education (RME), hasil belajar, kemandirian. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 08 Feb 2014 07:47 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27602 |
Actions (login required)
View Item |