Eksperimentasi Pembelajaran Team Game Tournament Dan Realistics Mathematic Education Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemandirian Siswa (Pada Siswa Kelas Ix Mts Suniyyah Selo Tawangharjo Tahun 2013/2014)

PARAMAWARTI, Luh and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Eksperimentasi Pembelajaran Team Game Tournament Dan Realistics Mathematic Education Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemandirian Siswa (Pada Siswa Kelas Ix Mts Suniyyah Selo Tawangharjo Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf

Download (400kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah PublikaSI)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (748kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh penerapan model TGT dan RME terhadap hasil belajar siswa Kelas IX MTs Suniyyah Selo Tawangharjo 2013/2014, (2) pengaruh hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian siswa Kelas IX MTs Suniyyah Selo Tawangharjo 2013/2014, (3) pengaruh interaksi model pembelajaran dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas IX MTs Suniyyah Selo Tawangharjo 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Suniyyah Selo Tawangharjo tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 3 kelas. Sampel dari penelitian ini kelas IX A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran TGT dan kelas IX B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran RME. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Closter Rando Sampling. Model pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada α = 5%, diperoleh : (1) tidak ada pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika dengan Fa = -5390,6, (2) artinya tidak ada pengaruh hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian siswa Kelas IX MTs Suniyyah Selo Tawangharjo 2013/2014, dengan Fb = -327,53, (3) ada pengaruh interaksi model pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar matematika dengan Fab = 18921,7.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Team Game tournament (TGT), Realistics Mathematic Education (RME), hasil belajar, kemandirian.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2014 07:47
Last Modified: 02 Nov 2021 23:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27602

Actions (login required)

View Item View Item