Pengaruh Interaksi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013

Dona, Oktavianus, Timbu and , Drs. H. Djalal Fuadi, MM. (2013) Pengaruh Interaksi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (138kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013 Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Sambi Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambi angkatan 2012/2013 berjumlah 229 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sample Random Sampling yaitu sebanyak 57 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah prasyarat analisismenggunakan uji normalitas dan uji linearitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji regresi liniersederhana, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif.Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 24,873 + 0,261X yang artinya motivasi belajar dipengaruhi oleh interaksi orang tua. Hasil uji koefisien determinasi memperoleh nilai R2 sebesar 0,331, ini berarti 33,1% motivasi belajar dipengaruhi oleh interaksi orang tua. Sisanya sebesar 66,9% dijelaskan oleh variabel lain. misalnya tingkat pengetahuan siswa, lingkungan belajar, dorongan dari teman, interaksi guru dan siswa. Nilai korelasi antara variabel interaksi orang tua terhadap variabel motivasi belajar diperoleh sebesar 0,575. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 27,166 > 4,016 pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,000. Kesimpulan yang diperoleh adalah interaksi orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: interaksi orang tua, motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2014 07:08
Last Modified: 27 Oct 2021 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27577

Actions (login required)

View Item View Item