Pengembangan Kemampuan Membaca Menulis Dan Berhitung (Calistung) Melalui Pendekatan Beyond Center And Circle Time (Bcct) Pada Siswa TK Negeri Pembina Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Widayati, Sri and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum (2013) Pengembangan Kemampuan Membaca Menulis Dan Berhitung (Calistung) Melalui Pendekatan Beyond Center And Circle Time (Bcct) Pada Siswa TK Negeri Pembina Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (613kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (431kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran membaca, menulis, berhitung (calistung) saat ini tidak perlu dianggap tabu bagi anak usia dini. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menambah pengetahuan mengenai penerapan pendekatan Beyond Center and Circle Time (BCCT) pada siswa TK. Secara khusus bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan Membaca, Menulis, dan Berhitung (Calistung) pada Siswa kelas B TK Negeri Pembina Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan pada semester Gasal tahun pelajaran 2013/2014 selama 4 bulan, yakni September s.d Desember 2013 di TK Negeri Pembina Boyolali. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan metode observasi. Alat pengumpulan data meliputi butir soal tes dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Beyond Center and Circle Time (BCCT) dapat mengembangkan kemampuan Membaca, Menulis, dan Berhitung (Calistung) pada siswa kelas B TK Negeri Pembina Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014, dengan rincian sebagai berikut: (1) Siswa yang tuntas pada aspek membaca meningkat dari 33,33% (pra siklus) menjadi 80% (siklus II); (2) Siswa yang tuntas pada aspek menulis meningkat dari 30,00% (pra siklus) menjadi 76,67% (siklus II); dan (3) Siswa yang tuntas pada aspek berhitung meningkat dari 20,00% (pra siklus) menjadi 83,33% (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka pendekatan Beyond Center and Circle Time (BCCT) dapat dijadikan sebagai suatu pertimbangan bagi guru yang ingin menerapkan metode pembelajaran aktif yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar, sehingga hasil belajar meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca, menulis, berhitung, dan pendekatan Beyond Center and Circle Time
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 May 2014 07:22
Last Modified: 01 Nov 2021 06:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27480

Actions (login required)

View Item View Item