Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Media "Papan Flanel Dan Kepingan Gambar" Pada Kelompok A TK Islam Bakti 2 Sobokerto Ngemplak Boyolali Tahun 2013/2014

Yuliati, Alimah and , Dr. Anam Sutopo,M.Hum (2013) Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Media "Papan Flanel Dan Kepingan Gambar" Pada Kelompok A TK Islam Bakti 2 Sobokerto Ngemplak Boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (640kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (472kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ALIMAH.pdf

Download (296kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak didik kelompok A TK Islam Bakti 2 Sobokerto, Ngemplak, Boyolali tahun pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan Media Papan Flanel dan Kepingan Gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 Siklus. Prosedur Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, Pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok A TK Islam Bakti 2 Sobokerto, Ngemplak, Boyolali tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 19 anak terdiri dari 14 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan Komparatif. SedangkanValiditas data yang digunakan adalah triangulasi dan analisisnya dengan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil tindakan siklus I, siklus II dan Siklus III yang telah dilaksanakan selama peelitian, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa pada anak didik kelompok A TK Islam Bakti 2 Sobokerto, Ngemplak, Boyolali tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan perkembangan kemampuan berbahasa anak sebesar 32,2%, siklus I sebesar 60,2%, siklus II sebesar 70,5%, dan pada siklus III meningkat menjadi 80,2%. Dengan demikian, penggunaan media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak didik kelompok A TK Islam Bakti 2 Sobokerto, Ngemplak, Boyolali tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbahasa, Media Papan Flanel dan Kepingan Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 24 Jan 2014 12:04
Last Modified: 01 Nov 2021 06:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27475

Actions (login required)

View Item View Item