Yuliati, Alimah and , Dr. Anam Sutopo,M.Hum (2013) Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Media "Papan Flanel Dan Kepingan Gambar" Pada Kelompok A TK Islam Bakti 2 Sobokerto Ngemplak Boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (640kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (472kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (53kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ALIMAH.pdf Download (296kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak didik kelompok A TK Islam Bakti 2 Sobokerto, Ngemplak, Boyolali tahun pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan Media Papan Flanel dan Kepingan Gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 Siklus. Prosedur Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, Pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok A TK Islam Bakti 2 Sobokerto, Ngemplak, Boyolali tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 19 anak terdiri dari 14 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan Komparatif. SedangkanValiditas data yang digunakan adalah triangulasi dan analisisnya dengan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil tindakan siklus I, siklus II dan Siklus III yang telah dilaksanakan selama peelitian, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa pada anak didik kelompok A TK Islam Bakti 2 Sobokerto, Ngemplak, Boyolali tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan perkembangan kemampuan berbahasa anak sebesar 32,2%, siklus I sebesar 60,2%, siklus II sebesar 70,5%, dan pada siklus III meningkat menjadi 80,2%. Dengan demikian, penggunaan media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak didik kelompok A TK Islam Bakti 2 Sobokerto, Ngemplak, Boyolali tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berbahasa, Media Papan Flanel dan Kepingan Gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 24 Jan 2014 12:04 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 06:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27475 |
Actions (login required)
View Item |