Asmonah, Siti and , Dr. Anam Sutopo, S.Pd., M.Hum. (2013) Pengembangan Kemampuan Kongnitif Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Bola Tenis Meja Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita I Kadireso Teras Boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan )
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (560kB) |
|
|
PDF (BAb I)
3._BAB_1.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (57kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (249kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Kemampuan Kongnitif Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Bola Tenis Meja Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita I Kadireso, Teras, Boyolali Tahun 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita I Kadireso tahun 2013/2014, dengan jumlah anak kelompok B adalah 15 anak, laki-laki 5 anak, dan perempuan 10 anak. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian unjuk kerja, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dianalisis dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran mengenal konsep bilangan melalui permainan bola tenis meja dapat mengembangkan kemampuan kongnitif anak. Hal ini terbukti adanya peningkatan prosentase kemampuan kongnitif mengenal konsep bilangan pada anak, kondisi awal atau pra siklus hanya 40,7%, pasca siklus I meningkat menjadi 71,3%, dan kondisi pasca siklus II meningkat menjadi 88,7%. Jadi kesimpulan bahwa metode permainan bola tenis meja dapat mengembangkan kemampuan kongnitif mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita I Kadireso tahun 2013/2014. Tingkat pengembangkan kemampuan kongnitif mengenal konsep bilangan dimulai dari pra siklus sampai dengan siklus II sebesar 48%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kongnitif anak, mengenal konsep bilangan, bola tenis meja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 24 Jan 2014 11:41 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 06:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27471 |
Actions (login required)
View Item |