Pengembangan Kemampuan Kongnitif Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Bola Tenis Meja Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita I Kadireso Teras Boyolali Tahun 2013/2014

Asmonah, Siti and , Dr. Anam Sutopo, S.Pd., M.Hum. (2013) Pengembangan Kemampuan Kongnitif Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Bola Tenis Meja Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita I Kadireso Teras Boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan )
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (560kB)
[img]
Preview
PDF (BAb I)
3._BAB_1.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (249kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Kemampuan Kongnitif Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Bola Tenis Meja Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita I Kadireso, Teras, Boyolali Tahun 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita I Kadireso tahun 2013/2014, dengan jumlah anak kelompok B adalah 15 anak, laki-laki 5 anak, dan perempuan 10 anak. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian unjuk kerja, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dianalisis dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran mengenal konsep bilangan melalui permainan bola tenis meja dapat mengembangkan kemampuan kongnitif anak. Hal ini terbukti adanya peningkatan prosentase kemampuan kongnitif mengenal konsep bilangan pada anak, kondisi awal atau pra siklus hanya 40,7%, pasca siklus I meningkat menjadi 71,3%, dan kondisi pasca siklus II meningkat menjadi 88,7%. Jadi kesimpulan bahwa metode permainan bola tenis meja dapat mengembangkan kemampuan kongnitif mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita I Kadireso tahun 2013/2014. Tingkat pengembangkan kemampuan kongnitif mengenal konsep bilangan dimulai dari pra siklus sampai dengan siklus II sebesar 48%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kongnitif anak, mengenal konsep bilangan, bola tenis meja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 24 Jan 2014 11:41
Last Modified: 01 Nov 2021 06:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27471

Actions (login required)

View Item View Item