Pengembangan Kemampuan Kognitif Berhitung Permulaan Melalui Media Pembelajaran ”Dadu Angka” Pada Anak Kelompok B Tk Pgri 2 Bangsalan Teras Kabupaten Boyolali Tahun 2013/2014

Mursujiati, Mursujiati (2013) Pengembangan Kemampuan Kognitif Berhitung Permulaan Melalui Media Pembelajaran ”Dadu Angka” Pada Anak Kelompok B Tk Pgri 2 Bangsalan Teras Kabupaten Boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1.halaman_depan.pdf

Download (366kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (278kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran__BUMUR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Kognitif anak Kelompok B TK PGRI II Bangsalan tahun pembelajaran 2013 / 2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK PGRI II Bangsalan semester I tahun pembelajaran 2013 / 2014 dengan jumlah anak adalah 27 anak terdiri dari 14 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian unjuk kerja, catatan lapangan, wawncara dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi data. Data dianalisis dengan analisis komparatif dan ktitis. Peningkatan Kemampuan Kognitif pada anak melalui ”Dadu Angka” dapat meningkat. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan presentase kognitif pada anak kondisi awal atau prasiklus 38.65 % dan pasca siklus I meningkat menjadi 64.58 % dan kondisi pasca siklus II meningkat menjadi 88.9 %. Jadi kesimpulan bahwa melalui media Dadu Angka dapat meningkatkan Kemampuan Kognitif pada anak kelompok B di TK PGRI II Bangsalan, Teras, Boyolali Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Media Dadu Angka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 24 Jan 2014 11:32
Last Modified: 24 Jan 2014 11:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27469

Actions (login required)

View Item View Item