Utomo, Suseno (2012) Peningkatan Partisipasi Belajar Siswa Dengan Strategi Question Student Have Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD N Pelem I Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (224kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naslah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (180kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi danhasilbelajar IPA melalui strategi question student havepada siswa kelas IV SD Negeri I Pelem, Simo, Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dansiswa kelas IV SD Negeri I Pelem, Simo, Boyolali dengan jumlah siswa 9 orang.Metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, test dan wawancara. Untuk menguji validitas data menggunakan triangulasi sumber. sedangkan validitas instrumen menggunakan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalahtehnikanalisis model interaktifmeliputireduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator partisipasi dalam penelitian ini ada empat yaitu partisipasi siswa dalam mengajukan pertanyaan, partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat dan menanggapi serta partisipasi siswa dalam menyimpulkan materi pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian selama 2 siklus, menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar pada mata pelajaran IPA hal ini ditunjukkan dengan peningkatan indikator partisipasi yang digunakan yaitu 1) partisipasi siswa dalam mengajukan pertanyaan pada siklus I sebesar 66% menjadi 88% pada siklus II. 2) partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan pada siklus I sebesar 55% menjadi 77% pada siklus II. 3) partisipasi siswa dalam menanggapi dan menyatakan pendapat pada siklus I sebesar 55% menjadi 77% pada siklus II. 4) partisipasi siswa dalam menarik kesimpulan dari materi yang telah diajarkan sebesar 44% pada siklus I menjadi 77% pada siklus II. Peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran berpengaruh pada hasil belajar yang dicapai. Hal itu terlihat dari siswa yang telah mencapai KKM. Pada pra siklus hanya 5 orang siswa (55,55%) yang mencapai KKM, meningkat pada siklus I menjadi 6 siswa (66,66), dan pada siklus II siswa yang telah mencapai KKM adalah 7 orang siswa (77,77%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan strategi question student havedapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas IV SD N Pelem I, Simo, Boyolali.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | partisipasi, strategi question student have |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Jan 2014 12:54 |
Last Modified: | 23 Jan 2014 12:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27466 |
Actions (login required)
View Item |