Upaya Peningkatan Kerjasama Siswa Dalam Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Structure (PTK Pada Siswa Kelas VIII E Semester Ganjil SMP Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014)

Kusumaningtyas, Fitria Esthi and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2013) Upaya Peningkatan Kerjasama Siswa Dalam Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Structure (PTK Pada Siswa Kelas VIII E Semester Ganjil SMP Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan_skripsi.pdf

Download (766kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I_ACC.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II__ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran_ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (583kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Structured. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 5 Surakarta yang berjumlah 31 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII E. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan teknik analisis interaksi yang terdiri dari reduksi data, Display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kerjasama siswa dalam belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Structured. Hal ini dapat dilihat dari indikator yang meliputi 1) komitmen siswa dalam kerja kelompok sebelum tindakan 52 % dan setelah tindakan 90,32 %, 2) tanggung jawab dalam kerja kelompok sebelum tindakan 52 % dan setelah tindakan 83,87 %, dan 3) interaksi siswa yang promotif dalam kerja kelompok sebelum tindakan 56 % dan setelah tindakan 80,65 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Structured dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kerjasama, pembelajaran kooperatif, Numbered Head Structured
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jan 2014 12:18
Last Modified: 02 Nov 2021 23:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27460

Actions (login required)

View Item View Item